Jumat, 17 Agustus 2012

Masjid itu..

mumpung belom abis suasana ramadhannya.. gua mau posting tentang bagian-bagian mesjid.. agak gak umum sih menurut gua.. jadi semoga bermanfaat..


Mihrab  : Ruang yang berfungsi sebagai tempat imam memimpin sholat berjamaah, mihrab biasanya berada di bagian depan ruang masjid yang berfungsi sebagai penunjuk arah kiblat.
Mimbar  : Tempat khotib berkhotbah memberikan ceramah, biasanya terletak di sebelah kanan mihrab dan menghadap ke para jamaah.
Liwan    : Tempat para jemaah melakukan sholat dan mendengarkan khotbah, disebut juga charan.

Masjid Hidayatullah – Jakarta Selatan. Sumber: foto pribadi

Sahn       : Ruang terbuka yang berada di halaman masjid, biasanya terdapat tempat mengambil air wudhu, disebut juga sahn al zjama.
Fawwarah  : Pancuran air atau kolam air bersih untuk mengambil air wudhu yang berada di tengah halaman masjid.
Menara      : Disebut juga manarah atau minaret dan dalam bahasa Arab disebut ma’dzan, bangunan tinggi dan ramping sebagai tempat untuk menyerukan adzan, tanda waktu sholat tiba yang dilakukan oleh muadzin.

Menara Masjid Istiqlal – Jakarta Pusat. Sumber: foto pribadi

Qubhat      : Biasa disebut kubah, yaitu bagian atas masjid yang pada umumnya berbentuk setengah lingkaran yang pada bagian puncak kubah biasanya terdapat lambang bulan sabit yang ditopang dengan tiang.

Kubah masjid Istiqlal – Jakarta Pusat. Sumber: foto pribadi

Kubah masjid Hidayatullah – Jakarta Selatan. Sumber: foto pribadi

Pintu masuk   : Merupakan pintu untuk keluar masuk jemaah ke masjid untuk melaksanakan sholat. Pada umumnya pintu masuk masjid berbentuk lengkung tapak kuda yang disebut arcade.
Teras            : Berfungsi sebagai tempat berteduh (sebagai serambi) untuk berteduh dan menunggu waktu sholat tiba.
Dikkeh            : Tempat imam (Bilal) untuk mengulang ucapan-ucapan imam dalam saat-saat tertentu dan membuka acara sholat dengan membaca ayat-ayat Al-Qur’an, yaitu syrat Al-Jumu’ah.

Tidak ada komentar: