Senin, 20 Oktober 2008

Ternoda

Pada tau cairan yang namanya CuSO4 gak? Berbahaya nggak siyh???? Kenapa gua nanya-nanya soal hal itu? Bukannya gua belagu atau apa yah... Tapi gua nanya jelas karena gua nggak tahu menahu tentang cairan yang udah ngerusak salah satu kaos gua.



Ceritanya gua lagi bawa alat yang gua nggak tahu apa, yang pasti untuk kuliah lapangan waktu itu. Gua bawa alat kotak itu nempel di perut karena berat dan gua masih bawa alat-alat yang lain di tangan gua yang lainnya. Beberapa langkah gua jalan kok gua ngerasa ada yang basah-basah di bagian perut gua, ternyata pas gua cek alat itu ada cairannya dan tumpah-tumpah sedikit. Awalnya gua kira air biasa tapi ternyata ada tulisan "CuSO4"... Spontan aja gua kaget dan temen gua yang ngeliat langsung bilang "Nah loh, mampus lu!!! Perut lu bisa bolong!!!".
Jelas gua nggak percaya, gua santai aja. Tapi beberapa hari setelah itu, setelah tuh kaos bersih dicuci kok muncul semacam noda yang nggak bisa ilang dan warna kaos gua jadi merah. Gua sih nggak gitu masalah awalnya tapi kok nodanya bisa menyebar dikit-dikit ya??? Jadinya, kaos gua yang warna ijo lumut muncul bercak-bercak merah yang lumayan gede.
Pertanyaan gua selain bahaya atau nggaknya adalah warna cairan si-CuSO4 itu kan biru tapi kok setelah di kaos ijo gua bisa jadi merah yah????

2 komentar:

Info Pertanian mengatakan...

cairan CuSO4 atau tembaga oksida merupakan bahan pembuat terusi yang digunakan sebagai pestisida
bahan yang korosif, dan dapat merusak struktur benang. tapi untungnya disekitar benang yang terkena CuSO4 akan terbebas dari jamur ;P.

CuS04 juga bersifat asam jadi berhati2lah bahan ini bisa buat membersihkan koin uang logam

semoga berguna

regards

arwan
www.arwans.com

emma mengatakan...

terimakasi arwan...